Minggu, 25 Maret 2012

Memasang Hardisk External pada PS 2 Slim

Pada kali ini aku akan mencoba cara membuat OPL atau opan Ps2 Loader berjalan pada Ps2 slim atau lebih tepatnya Memasang Hardisk external pada Ps2 slim dengan menggunakan OPL untuk program bootingnya.
Disini kenapa saya menyarankan dengan OPL tidak dengan HD Advance atau USB EXTREME, karena menurut saya OPL lebih kompatibel pada hampir semua game Ps2, tapi memang tidak 100% game Ps2 jalan di OPL, seenggak-enggaknya 90% game Ps2 sudah berjalan dengan lancar pada Open ps2 Loader yang saat sekarang sudah sampai pada versi 0.8 untuk keterangan OPL lebih detailnya sudah banyak blog2 di internet yang menjelaskan secara detail, jadi tidak di ulas disini.
Langsung saja, apa saja yang di butuhkan :

  1. Ic Matrix untuk booting ke Memory Card Ps2, bagi yang Optik Ps2nya sudah mati/rusak. Untuk yang pengen tidak mau ganti Ic Matrix dikarenakan Optiknya masih bagus pake CD Booting Open Ps2 Loader. Untuk tutorial yang masih pake optik akan di bahas di sini. Ic Matrix seperti ini :
Modbo-4
   2. Memory Card Ps2 minimal yang make Ic kaki atau labih bagusnya yang Original.
   3. Free Mc Boot Noobie Package khusus OPL, yang bisa di download disini
   4. Program Usb Extreme yang digunakan untuk memformat hardisk externalnya, download disini
   5. Hardisk external merk apa saja, dianjurkan merk SeaGate
   6. Usb Util 2.0 untuk mengisi game Ps2 ke Hardisk External, download disini
Untuk prakteknya pertama-tama kita pasang Ic Matrix untuk Ps2 slim yang kompatibel, biasa saya make Modbo 4.0. Kenapa harus pasang Ic Modbo 4.0 dikarenakan pada ps2 slim biasanya Chip bawaannya adalah super E-7 yang tidak support dengan booting dari memory card ps2 atau Dev1, untuk gambar pemasangan Ic Modbo 4.0 menurut Tipe ps2nya masing-masing lebih detailnya ada di Ps2.Modchip.com, atau kalau anda belum bisa masalah solder menyolder saya sarankan serahkan saja pada tukang service Ps2 biasanya sih dikasih harga 30rb-50rb tergantung tukang pasangnya juga.
Setelah Ic Matrix terpasang, kita akan membuat Memory Card yang khusus buat OPL. Cara bikinnya download dulu Free Mc Boot Noobie Package khusus buat OPL di atas. untuk menjalankan Free Mc Bootnya bisa dengan berbagai cara pake cd ulaunch atau dengan menginstal image ulaunch ke hardisk internal ps2 bagi yang punya ps2 tebal berhardisk atau ps2 slim ber HD-Pro. Untuk penginstalan Free Mc Boot di jelaskan di sini.
Setelah Mc Boot terinstal pada Memory Card Ps2, kita lanjutkan memformat hardisk externalnya, download program Usb Extreme buat formatnya, sebelum memformat pastikan dulu hardisknya formatnya NTFS dan tidak di partisi, karena kalau bukan ntfs tidak akan di bisa di format pake program Usb Extreme.
Setelah hardisk di format kita akan menginstal gamenya pake program USB Util 2.0, download programnya siapkan gamenya dan instal ke hardisk externalnya, untuk tutorial USb Util akan di jelaskan di sini.
Untuk Menjalankan Gamenya pertama kita setting dulu Matrixnya dengan menekan lingkaran ma segitiga bareng pas pertama menghidupkan Ps2nya, dan rubah settingan bootnya ke DEV1, lalu matikan Ps2nya, sebelum menghidupkan Ps2nya tancapkan Mc Boot OPL 0.8nya dan hardisk externalnya pada port Usb lalu hidupkan Ps2nya, selesai deh dan maen game lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar