Rabu, 28 Maret 2012

MEMBUAT SENDIRI TEMA PS2

mc0 :/ OPL / thm_My Tema Baru / atau MC1 :/ Tema OPL / thm_My Baru /
Membuat Tema





OPL sangat disesuaikan bahkan untuk tema yang paling ekstrim. Anda dapat menggunakan ikon sendiri, latar belakang, cover art dan elemen bergerak di sekitar layar untuk menciptakan apa pun imajinasi Anda bisa memikirkan. OPL bahkan memungkinkan Anda untuk menggunakan latar belakang yang berbeda untuk setiap tampilan game / app, tapi mari kita mulai dengan kreasi tema pertama.




Tampilan Ikon

Tidak semua ikon yang disesuaikan untuk menjaga kelengkapan umum dari GUI dan mencegah tema lambat
waktu loading. Untuk alasan ini umum "tindakan" tombol adalah tetap, yang meliputi: lingkaran, persegi, segitiga, silang, atas, bawah, start, pilih, L1, L2, R1 dan R2.
Untuk tombol-tombol lainnya, format untuk ikon adalah PNG dengan alpha saja, karena kita perlu dukungan transparansi. Ukuran resolusi 64x64.


app.png = daftar Aplikasi

config.png = Pengaturan menu

disc.png = Item ditampilkan dalam daftar

eth.png = Jaringan Permainan daftar

hdd.png = daftar Hard drive internal

usb.png = USB daftar Hard Drive

Setiap file harus diakhiri dengan ekstensi png, dan seluruh nama harus dalam huruf kecil.


Memuat Icon
Ikon loading adalah elemen ditampilkan bila OPL sedang loading sesuatu, jaringan, seni, dll Anda dapat menggunakan beban sendiri animasi ikon dengan menggunakan satu set frame dalam infinite loop.
Setiap frame adalah PNG dengan alpha ikon, ukuran 32x32. Setiap file harus diakhiri dengan ekstensi ". Png" dan seluruh nama huruf kecil. Frame mulai dari nol dan max. dari 8 frame dapat digunakan, dengan menggunakan nama file berikut:

load0.png
load1.png
load2.png
load3.png
load4.png
load5.png
load6.png
load7.png


Kustom Latar Belakang
Anda dapat menentukan gambar latar belakang kustom yang akan ditampilkan sebagai latar belakang, bukan latar belakang default "Plasma". Gambar ini dapat menjadi dalam format JPG atau PNG (gambar latar belakang tidak menggunakan transparansi, hasilnya akan tak terduga), sebuah gambar. Jpg dianjurkan. Gambar akan diubah ukurannya untuk resolusi layar Anda (640x512 untuk PAL, 640x448 untuk NTSC) dan kami merekomendasikan menggunakan resolusi 640x480 yang terbaik sesuai untuk kedua mode, yang memungkinkan tema yang sama untuk setiap wilayah konsol ketika berbagi tema Anda.

Tutup Overlay
Ini adalah fitur khusus untuk mengaktifkan efek 3D (atau "overlay" efek, es, debu pada sampul, dll.) Diterapkan pada Seni Sampul Anda.
Overlay adalah gambar PNG sederhana (dengan alpha) bernama "cover_overlay.png" yang akan digambar di atas penutup sebenarnya. Semua sihir adalah untuk membuat ekstensif menggunakan alpha
transparansi untuk menerapkan beberapa jenis efek untuk penutup.
Contoh:




Anda memberikan gambar overlay dan kemudian Anda harus menentukan koordinat mana insets penutup akan diubah ukurannya dan diambil, dengan menggunakan empat poin dari kotak berlari: kiri atas, kanan atas, kiri bawah dan kanan bawah.
Baris untuk dimasukkan ke dalam berkas conf_theme.cfg Anda:

cover_blend_ulx = 14
cover_blend_uly = 16
cover_blend_urx = 153
cover_blend_ury = 16
cover_blend_blx = 14
cover_blend_bly = 215
cover_blend_brx = 153
cover_blend_bry = 215
Gambar penutup akan berubah (membentang) untuk masuk ke dalam poligon atas. Itu juga berarti Anda harus menggunakan beberapa file overlay sedikit lebih besar, sehingga Anda tidak lepas dari kualitas lamaran Anda.


+ =


Melalui pengalaman, Anda akan melihat bahwa koordinat titik-titik insets tidak benar-benar dihormati, sehingga Anda mungkin perlu menyesuaikan posisi mereka dengan beberapa piksel.


Pengaturan umum
Di sini kita akan menjelaskan setiap parameter umum yang dapat diatur ke dalam file conf_theme.cfg.

use_default

Nilai dapat berupa 0 atau 1, default adalah 1.
Pilihan ini akan menentukan karakteristik ikon disesuaikan (lihat daftar di atas). Secara default jika Anda tidak menambahkan ikon disesuaikan, default tertanam satu yang akan digunakan. Tapi jika
Anda menetapkan parameter ini ke 0, maka setiap ikon yang hilang tidak akan diganti.

items_list_icons
Nilai dapat berupa 0 atau 1, default adalah 0.
Opsi ini mendefinisikan visibilitas ikon disk kecil di depan setiap nama permainan dalam daftar permainan. Jika permainan Anda memiliki ikon seni, maka akan digunakan sebagai pengganti ikon disk standar.

use_real_height
Nilai dapat berupa 0 atau 1, default adalah 0.
Secara default kerja, OPL dengan ukuran layar virtual 640x480. Ketika anda mendefinisikan X atau Y koordinat, lebar atau nilai tinggi, harus berkisar dalam 640x480 ini. Kemudian tergantung pada mode PS2 Anda, baik NTSC atau PAL, OPL akan beradaptasi ini ukuran layar virtual dan penempatan ke 640x448 atau 640x512 masing-masing.
Biasanya modus default (tidak menggunakan ketinggian nyata) adalah apa yang Anda inginkan, karena memungkinkan tema Anda akan benar ditampilkan di kedua modus NTSC / PAL.
Dalam hal Anda ingin menyampaikan tema khusus dirancang untuk NTSC atau PAL, dan lebih suka bekerja dengan resolusi layar real maka Anda dapat menggunakan modus ketinggian nyata.

displayed_items
Mengatur jumlah item yang ingin ditampilkan dalam daftar 1 sampai 20. Ini dapat digunakan untuk mengurangi ukuran dari daftar, jika diperlukan untuk tema tertentu latar belakang / tata letak.

background_mode
Nilai default adalah 0.
Opsi ini mendefinisikan jenis latar belakang untuk daftar item (permainan dan daftar aplikasi) layar.
Nilai adalah salah satu dari:

0 = Mode Gambar - Jika tema Anda berisi gambar latar belakang, maka akan digunakan. Jika tidak, "plasma" mode akan digunakan sebagai gantinya.
1 = Plasma Mode -
2 = Mode Warna - Latar belakang akan menggunakan warna yang solid, seperti yang didefinisikan oleh bg_color. Lihat di bawah

3 = Mode Seni - ini memungkinkan untuk menampilkan latar belakang seni untuk seni BG dalam koleksi Anda. (Lihat Gallery Download> Seni Menciptakan)
Ketika 3 nilai digunakan, seni latar belakang akan menampilkan untuk permainan yang sedang disorot dalam daftar. Jika tidak ada Seni BG tersedia untuk permainan, latar belakang Tema ditampilkan bukan atau plasma default jika tidak memiliki latar belakang Tema ditemukan.


background_alt_mode
Nilai default adalah 1.
Opsi ini mendefinisikan jenis latar belakang untuk semua layar lainnya: semua menu pengaturan, menu dialog, dll

Gunakan hati saat mengatur latar belakang Anda sendiri atau warna, sebagai teks menu mungkin membuat membaca / memilih sulit.



Mengubah warna:


bg_color - Ini mendefinisikan warna latar belakang, yang digunakan untuk latar belakang dalam modus warna, dan untuk warna plasma.

text_color - Warna digunakan untuk membuat teks pada layar.

ui_text_color - Warna digunakan untuk membuat teks dari layar dialog saja.

sel_text_color - Warna digunakan untuk teks saat ini yang dipilih.

Nilai string, dimulai dengan # dan 6 digit heksadesimal. Ini mendefinisikan warna dalam RGB order, menggunakan 2 digit per warna.
Contoh:


bg_color = # 2e5eb0
text_color = # 009fff
sel_text_color = # e30000



Heres contoh file conf_theme.cfg dari pengaturan di atas:

use_default = 1
items_list_icons = 1
use_real_height = 0
displayed_items = 15
background_mode = 3
background_alt_mode = 2
bg_color = # 2e5eb0
text_color = # 009fff
ui_text_color = # 00ffff
sel_text_color = # e30000



Menyesuaikan tata letak layar
Anda dapat memindahkan elemen tertentu dari layar untuk lebih menyesuaikan tema yang sesuai dengan hampir semua rasa yang Anda miliki. Dengan fleksibilitas ini, Anda dapat membuat latar belakang dalam setiap gaya yang Anda suka.







Unsur-unsur bernomor di layar ini dapat disesuaikan, baik dalam posisi mereka, ukuran, visibilitas atau warna. Tergantung dari jenis mereka (biasanya teks atau gambar) Anda dapat menentukan sejumlah atribut dengan menambahkan entri di file konfigurasi (conf_theme.cfg) tema.

Daftar unsur

menu_icon
menu_text
items_list
item_icon
item_cover
item_text
loading_icon
hint_text


Ketika sebuah atribut tidak secara khusus hadir dalam conf_theme.cfg, maka nilai default akan digunakan.
Untuk menentukan atribut, Anda harus menggunakan sintaks ini: element_attribute value =
Contoh conf_theme.cfg:

menu_icon_enabled = 0
menu_text_x = 195
menu_text_y = 27
item_cover_x = 129
item_cover_y = 230
item_text_color = # 2e5eb0
item_text_x = 129
item_text_y = 349


Daftar atribut dan nilai-nilai mereka

element_enabled
Nilai dapat berupa 0 atau 1, default adalah 1. Bila diatur ke 1 berarti elemen akan ditampilkan di layar. Bila diatur ke 0 elemen tidak akan hadir.


element_aligned
Nilai dapat berupa 0 atau 1, default adalah 1. Ketika atribut ini adalah 1, koordinat elemen relatif terhadap titik pusat kotak berlari. Yang memungkinkan keselarasan sempurna dalam mode, dan setiap size.When elemen atribut ini adalah 0 itu berarti koordinat dari elemen relatif terhadap sudut kiri kotak berlari itu. Rata-rata pengguna tidak akan perlu mengubah ini dari pengaturan default, namun pengguna tingkat lanjut dapat menentukan posisi ketika merancang tema yang sangat rinci.


element_x
Nilainya bisa positif atau negatif, itu harus dalam kisaran 0 hingga 640. Koordinat X bergerak hak elemen atau kiri di layar.
Ketika nilai positif, itu adalah relatif terhadap sumbu batas kiri vertikal.
Ketika nilai adalah negatif, berarti posisi relatif terhadap sumbu perbatasan yang tepat. Hal ini digunakan untuk mengikat elemen ke batas kanan layar tanpa melakukan matematika.
Titik referensi (asal x = 0, y = 0) adalah sudut kiri atas layar.
element_y
Nilainya bisa positif atau negatif, itu harus dalam kisaran 0 hingga 480. Koordinat Y bergerak elemen atas atau bawah di layar.
Ketika nilai positif, itu adalah relatif terhadap sumbu perbatasan atas horisontal.
Ketika nilai adalah negatif, berarti posisi relatif terhadap sumbu perbatasan bawah. Hal ini digunakan untuk mengikat elemen ke perbatasan bawah layar tanpa melakukan matematika.
Titik referensi (asal x = 0, y = 0) adalah sudut kiri atas layar.


element_width
Nilai default adalah tidak terdefinisi dan memungkinkan ukuran default elemen yang akan ditampilkan. Anda dapat mengatur nilai positif atau nilai -1 khusus.
Menetapkan nilai dengan apa yang Anda ingin elemen 's lebar untuk menjadi. Elemen Anda akan menampilkan lebar ini dan jika gambar yang digunakan, akan diubah ukurannya agar sesuai dengan nilai tertentu.
Nilai -1 berarti "tak terbatas" lebar. Ini berarti nilai tertentu elemen Anda akan mengambil ruang sebanyak mungkin, mulai dari koordinat X sampai batas kanan layar. Nilai ini tidak dapat digunakan bersama dengan selaras = 1, karena untuk menyesuaikan menurut pusat, kita perlu mengetahui ukuran sebenarnya elemen.


element_height
Nilai default adalah tidak terdefinisi dan memungkinkan ukuran default elemen yang akan ditampilkan. Anda dapat mengatur nilai positif atau nilai -1 khusus.
Menetapkan nilai dengan apa yang Anda ingin elemen itu ketinggian untuk menjadi. Elemen Anda akan menampilkan ketinggian ini dan jika gambar yang digunakan, akan diubah ukurannya agar sesuai dengan nilai tertentu.
Nilai -1 berarti "tak terbatas" tinggi. Ini berarti nilai tertentu elemen Anda akan mengambil ruang sebanyak mungkin, mulai dari koordinat Y sampai perbatasan bawah layar. Nilai ini tidak dapat digunakan bersama dengan selaras = 1, karena untuk menyesuaikan menurut pusat, kita perlu mengetahui ukuran sebenarnya elemen.


element_color
String nilai, dimulai dari # dan dengan 6 digit heksadesimal. Ini mendefinisikan warna dari elemen, dalam rangka RG B.
Contoh:

item_text_color = # 2e5eb0
menu_text_color = # 009fff
items_list_color = # e30000
hint_text_color = # 000000
Secara default elemen menggunakan pengaturan text_color jika elemen tidak didefinisikan.


Catatan tentang format file
Untuk ikon Anda PNG, berikut adalah pengaturan yang dianjurkan (biasanya gambar perangkat lunak editing akan memungkinkan Anda untuk mengatur mereka saat menyimpan file):
Max kompresi (itu adalah lossless sehingga tidak khawatir). Ketika alpha diperlukan, pastikan bahwa alat grafis Anda tidak "mengoptimalkan" palet warna dan menghilangkan lapisan alpha.
Anda juga dapat menggunakan alat bernama "optiPNG" untuk kompres optimal (namun tingkat kompresi tidak akan pernah menjadi sangat tinggi) file Anda, dengan baris perintah berikut:


optipng-o 5-nc *. png


Untuk tema Anda tidak akan harus bekerja dengan format JPG, tapi untuk informasi, kami merekomendasikan ini pengaturan untuk mereka (seperti yang digunakan dalam bahan Seni):


Kualitas tingkat antara 70-80, mengoptimalkan, tidak ada pola, progresif subsampling "2x2
1X1 1X1 (file terkecil) ", DCT yang tidak terpisahkan, tidak ada thumbnail tertanam.


Tingkat kualitas JPG adalah kunci untuk gambar yang terlihat baik, dan hasilnya mungkin berbeda banyak tergantung dari jenis gambar. Untuk pola halus Anda dapat pergi sangat rendah tanpa degradasi terlihat, pada gambar yang kompleks dan kasar berlawanan tidak bisa biasanya melampaui 70 tanpa artefak terlihat. Jadi membuat beberapa tes, dan tidak hanya pada layar komputer Anda.


Perhatikan pada Tema dan Latar Belakang Seni

Anda harus mengambil pertimbangan saat membuat Tema dan Latar Belakang Seni sebagai jika mereka akan menggunakan tata letak default atau tata letak kustom. Kemungkinan besar nya semua seni latar belakang akan menggunakan layout default dari OPL. Pengguna mungkin tidak menyadari bahwa unsur-unsur di Tema kustom tidak akan ditampilkan dengan benar untuk Seni Latar diciptakan untuk layout default. Saya menyarankan kepada semua orang yang berbagi Tema dengan layout disesuaikan untuk TIDAK menggunakan pengaturan background_mode = 3, sehingga user tidak akan terjebak dengan layout yang berbeda jika mereka memiliki Seni BG dalam folder ART mereka.





Menggunakan Tema




Buka PS2 Loader dapat menggunakan tema untuk menyesuaikan tampilan nya. Tema-tema ini dapat disimpan pada semua media: perangkat USB, internal HDD, Ethernet SMB saham dan Memory Card PS2. Tema yang dimuat dan ditampilkan dari nama folder. Nama folder harus dimulai dengan awalan: thm_ dalam huruf kecil, apa yang Anda masukkan setelah itu akan menjadi nama tema sesuai dengan yang ditampilkan di OPL.

Contoh:

/ Thm_My Tema Baru / (akan ditampilkan sebagai tema My New di OPL)
/ Thm_Theme 1 / (akan ditampilkan sebagai Tema 1 di OPL)
Isi direktori dapat menjadi ikon kustom, gambar latar belakang, overlay cover dan berkas teks CFG mendefinisikan konfigurasi tema.
Ini akan digunakan untuk semua layar daftar di OPL, dengan Seni BG pengecualian atas akan naik latar belakang Tema jika diaktifkan dan ada dalam folder ART. Anda dapat menggunakan latar belakang alternatif untuk layar lainnya, lihat background_alt_mode atas.
Contoh:

/ Thm_My Baru Tema /
/ Exit.png
/ App.png
/ Config.png
/ Eth.png
/ Hdd.png
/ Usb.png
/ Background.jpg
/ Conf_theme.cfg


Tema harus berada di dalam folder bernama "THM" dalam huruf besar untuk salah satu dari 3 perangkat, berbagi SMB, HDD dan USB.
Jika (atau ketika) perangkat ini dimulai, OPL akan daftar tema ditemukan di lokasi tersebut:

SMB (Jaringan Saham)
Dalam direktori root atau drive yang ditetapkan sebagai pangsa PS2SMB Anda, dalam folder THM

PS2SMB/THM/thm_My Baru Tema /

Perangkat USB
Di root drive atau partisi set untuk OPL (di mana permainan Anda berada), dalam folder THM

massa :/ Tema THM / thm_My Baru /
HDD (hard drive Internal)
Tempatkan folder THM di Partisi OPL dari HDD [+ OPL], Anda dapat membuat partisi jika tidak ada, dengan menggunakan uLaunchELF [FileBrowser> MISC> HddManager]

HDD0: Tema + OPL / THM / thm_My Baru /
Tema yang disimpan pada salah satu perangkat tidak akan ditampilkan jika perangkat yang tidak diaktifkan, jadi pastikan Anda mengaktifkan perangkat Anda menyimpan tema Anda masuk
Tema yang disimpan pada MC harus dalam folder bernama "OPL" dalam huruf besar dan secara otomatis diaktifkan untuk digunakan.

Gunakan hati-hati karena *** Tema dapat menggunakan ruang berharga *** MC


PS2 Memory Card
Anda dapat menempatkan tema Anda pada kartu memori, di mana OPL akan mencari folder OPL bukan THM:

3 komentar:

  1. hanya org yg rata-rata Q 80 keatas yg bisa memahami penjelasan ini
    karena tdk disertai dgn software yg di pk untuk mengedit sekligus praktek gambarnya

    BalasHapus
  2. pusing berat memahami nya,kalo orang awam,seperti saya..

    BalasHapus